Selasa, 17 Maret 2020

Bisa Jadi Sarana Penularan Virus Corona, Begini Cara Benar Bersihkan Gadget

Heart News - Corona Covid-19 sudah menjadi pandemi global. Sebab, virus asal Wuhan, China ini telah menyerbu berbagai negara di dunia.
Sejak kemunculan virus ini, seluruh dunia sudah mengantisipasi dengan berbagai langkah kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, mengatur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan banyak tindakan preventif lainnya.
Karena penyebarannya yang senyap dan singkat, selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer.
Tapi perlu diketahui juga bahwa virus ini juga bisa menempel pada barang-barang yang biasa digunakan setiap hari, salah satunya adalah smartphone (gadget) atau peralatan kerja lain seperti komputer maupun laptop.
Menurut The Journal of Hospital Infection, virus Corona dapat hidup di permukaan seperti kaca, plastik atau logam hingga sembilan hari. Ini berarti bahwa terlepas dari seberapa banyak kamu mencuci tangan, jika barang-barang tersebut tidak bersih, bisa jadi berpotensi berisiko terpapar kuman-kuman tersebut.
Maka, sepertti dilansir AkuratHealth dari laman Boldsky, Senin, (16/3), berikut ini beberapa panduan cara membersihkan gadget dengan benar mudah mudah.
Hal pertama, jika handphone atau gadget lain kamu tahan air, gunakan sabun dan air atau hand sanitizer untuk memberisihkannya dengan bantuan tisu. Jika tidak tahan air, usap layar dengan kain serat mikro yang lembut dan sedikit basah. Lalu jika gadget kamu memiliki casing atau penutup, bersihkan juga dengan kain lembab.
Selanjutnya, jangan menyeka layar gadget dengan tisu desinfektan atau alkohol karena dapat merusak layar gagdet. Hindari juga menyentuh gadget orang lain dan menghindari memberikan gadget Anda kepada orang lain.

Jangan gunakan pembersih rumah tangga seperti pelarut, dan semprotan aerosol untuk membersihkan gadget karena dapat menyebabkan perubahan warna dan merusak barang-barang tersebut.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar